Langsung ke konten utama

Hidup di Perantauan (Part 2)

Pada artikel sebelumnya Hidup di Perantauan (Part 1), aku sudah sharing 2 tips ala diriku Angrumaoshi cara bertahan hidup di Perantauan. Masih mau merantau? Sudah siapkah merantau? Berikut aku tulis ulang ya keseluruhan tips supaya teman-teman tidak terlupa. 5 Tips Cara Bertahan Hidup di Perantauan Ala Angrumaoshi. Make a  friend (Perbanyak kenalan). Prepare your savings (Siapkan dana darurat). Know your new place (Kenali daerahmu). Less Goods is Good (Perhatikan efisiensi dan efektifitas barang yang dimiliki). Learn the Language (Belajar bahasa lokal).  3. Know your place (Kenali Daerahmu) Via Google Maps dan Google Earth Di era digital seperti ini, sangat terbantu ya untuk mengenal daerah tujuan rantau kita, bahkan sebelum kita menginjakkan kaki disana. Kita dapat memanfaatkan google maps termasuk juga google earth. Kita dapat melihat-lihat situasi secara real di lokasi daerah rumah tempat kita tinggal di perantauan.  Begitu pula kita dapat melihat fasilitas umum terdekat seperti rum

Balada Si Roy, Film Layar Lebar Perdana IDN Pictures

 

Jangan percaya terhadap cinta, karena itu akan menjajah hidup kamu! begitu kata Roy. Seorang petualang jiwanya tidak bisa dimiliki, karena dia butuh inspirasi. Kalau jiwanya sudah diikat, berarti dia akan beku dan mati. Baginya, cinta bukan berarti harus menjadi jangkar dalam hidupnya.

Balada Si Roy ke Layar Lebar

November 2020 lalu, IDN Pictures telah mengumumkan bahwa akan mengangkat Novel lawas Balada Si Roy ke layar lebar sekaligus menjadi proyek perdananya dengan Fajar Nugros sebagai sang sutradara dan Susi Susanti sebagai produsernya.

Novel Balada Si Roy
Sumber : IDN Media


Bagi generasi milenial atau pun generasi Z tentunya mungkin masih terdengar asing dengan novel yang berjudul Balada Si Roy. Padahal novel Balada Si Roy ini sangat terkenal di masa tahun 80-90an.  Coba deh kamu tanya ke Ibu/Bapak kamu atau tante/om kamu pasti tau tentang kisah Balada Si Roy ini.

Novel lawas Balada Si Roy ini merupakan karya dari Gol A Gong yang merupakan nama pena dari Heri Hendrayana Harris, seorang sastrawan Indonesia kelahiran 1963 di Purwakarta, Jawa Barat.

Novel Balada Si Roy

Balada di Roy berisi tentang petualangan-petualangan Si Roy yang dahulu dimuat dalam bentuk cerita bersambung (cerbung) di Majalah Hai (majalah yang sangat beken sekali di masanya).

Lalu seluruh cerbung tersebut dikumpulkan dan diterbitkan menjadi berjili- jilid novel yang berjudul “Balada Si Roy”. Berikut daftar novel dari “Balada Si Roy”:

  • Balada Si Roy buku Joe (Gramedia, 1989)
  • Balada Si Roy buku Avonturir (Gramedia, 1990)
  • Balada Si Roy buku Rende-vouz (Gramedia, 1990)
  • Balada Si Roy buku ke Bad Days (Gramedia, 1991)
  • Balada Si Roy buku ke Blue Ransel (Gramedia, 1991)
  • Balada Si Roy buku ke Telegram (Gramedia, 1992)
  • Balada Si Roy buku ke Kapal (Gramedia, 1993)
  • Balada Si Roy buku ke Traveler (Gramedia, 1993)
  • Balada Si Roy buku ke Epilog (Gramedia, 1994)

Penasaran gak sih saat nanti diangkat ke layar lebar itu seperti apa film adaptasi novel Balada Si Roy ini dan siapa-siapa saja yang akan memerankan tokoh-tokoh di Balada Si Roy ini.

Pemeran Film Balada Si Roy

Pada Konferensi Pers Virtual Desember 2020 lalu telah ditetapkan para pemeran tokoh di film Balada Si Roy ini.

Ternyata pemeran Si Roy ini adalah Abidzar Al Ghifari. Sebelumnya pemeran si Roy ini pernah menjadi Ernest di Film “Ada Cinta di SMU” produksi Star Vision Plus serta sering juga bermain di beberapa sinetron. Pemeran si Roy ini juga seorang penyanyi yang tergabung di boyband “LAKI yang juga seorang anak dari pasangan alm. Ustad Jefri Al Buchori dan Pipik Dian Irawati.

Sedangkan pemeran utama wanitanya adalah Febby Rastanty yang akan memerankan Ani. Pemeran si Ani ini adalah nominasi Artis Utama Paling Ngetop dan Artis Paling Sosmed versi SCTV Awards tahun 2020. Sudah banyak sekali film, sinetron dan FTV yang dibintanginya.

Selain mereka berdua film ini juga didukung oleh:

  • Bio One sebagai Dulah
  • Zulfa Maharani sebagai Wiwik
  • Sitha Marino sebagai Dewi
  • Jourdy Pranata sebagai Andi
  • Omara Esteghlal sebagai Toni
  • Yusuf Mahardika sebagai Edi
  • Dea Aditya sebagai Iwan
  • Fachri Muhammad sebagai Sodik
  • Maudy Koesnaedi sebagai Ibu Roy
  • Kiki Narendra sebagai Bapak Ani


Preskon Film Balada Si ROy
Sumber : IDN Media 


Pada kenal donk dengan nama-nama artis dan aktor diatas. Hmm jadi makin penasaran nanti Film “Balada Si Roy” ini akan seperti apa ya. Nuansa 80-90an tentunya kental. Tunggu saja ya, rencananya akan rilis di tahun 2021 ini. Syuting perdananya pun sudah dimulai.

Pesan Sutradara, Produser dan Komunitas Pecinta Balada Si Roy

Fajar Nugros, Sutradara Film Balada Si Roy dan Head of IDN Pictures juga ini mengatakan bahwa “Merupakan kehormatan baginya untuk dapat mengangkat kisah Balada Si Roy ini menjadi sebuah film layar lebar. Tentunya hal ini sangat istimewa, karena Film Balada Si Roy ini adalah proyek IDN Pictures yang pertama. Cerita Balada si Roy ini berkisah tentang seorang anak muda, mencari jati diri, lalu ia juga selalu berani mendobrak tatanan-tatanan yang sudah ada. Harapan saya, proyek perdana IDN Pictures ini pun juga bisa mendobrak tatanan dari perfilman indonesia supaya senantiasa lebih baik.”

Sedangkan Susanti Dewi, Produser Film Balada Si Roy dan Head of IDN Pictures juga mengatakan, “IDN Pictures pun sudah menambahkan beberapa relevansi nilai dalam proses pembuatan film Balada Si Roy. Hal ini tentunya diharapkan bisa membuat para penonton (yang pastinya banyak anak muda zaman sekarang) merasa relate ketika menonton film ini. Sebagai contoh: ada beberapa adegan nantinya untuk mengajak menghirup udara segar di luar, berkumpul bersama kawanjangan fokus ke gadget saja ketika sedang bersama dengan temanNilai-nilai tersebut sepertinya sederhana ya dan terkesan picisan namun sering kali sudah hilang dan tidak dilakukan di dunia nyata.

Bahkan ada loh KOmunitas Pecinta Balada Si Roy. Daniel Mahendra, salah satu inisiator komunitas Sahabat Balada Si Roy mengatakan, “Jika membandingkan dengan beberapa novel sejenisnya pada saat itu, Balada Si Roy ini terasa lebih realistis, sehingga bisa diterapkan di dalam kehidupan anak remaja biasa, seperti saya dan teman-teman saya,”. Terkait pemilihan para pemerannya, para sahabat Balada Si Roy ini juga mempercayakan sepenuhnya kepada tim IDN Pictuures.

Hmm, jadi makin penasaran kan dengan film Balada Si Roy ini. Tunggu tanggal mainnya ya.

Dengan petualangan kecil itu dia jadi bisa belajar banyak tentang hakikat hidup.


Film Balada Si Roy 2021



 

Komentar

  1. Wuih keren. Akhirnya kisah fenomenal yang ditulis sama Pak Gol A Gong yang merupakan senior di bidang literasi difilmkan juga. Dari dulu aku suka memang sama tulisannya tokoh-tokoh literasi angkatan 80-an

    BalasHapus
  2. wow sampai ada Komunitas Pecinta Balada Si Roy uy, banyak fans nya yak. jadi penasran latar film 80n kaya apa. hihi
    apalagi banyak hikmah yang bisa diambil, mau banget nungguin film ini lah

    BalasHapus
  3. Gagal fokus sama pemeran si Roy nya. Itu anak almarhum Uje udah seperti dewasa saja ya. Keren pula, hehehe
    Si Roy ini cerita yg saya suka saat jaman sekolah. Maklum saya kan angkatan tua hehehe

    BalasHapus
  4. Wownggak sabar nih pengen lihat balada si Roy, secara yang diangkat film 80-90 an trus yang peranin anak-anak zaman now. Kebayang gimana effordnya agar bisa totalitas

    BalasHapus
  5. Saya bilang keren ini sutradaranya bisa nemuin Abidzar. Hahaha. Wajahnya Abidzar itu cocok banget sama karakter ini. Semoga aktingnya juga bagus ya, dan filmnya mendapat tempat di hati masyarakat, khususnya pecinta novel lawasnya.

    BalasHapus
  6. Saya gabung di grup Facebook Sahabat Balada Si Roy, he he. Danuel Mahendra saya kenal di Bandung karena teman komunitas menulis Mnemonic yang ada milisnya. Punya toko buku Malka dan penetbitan Epigraf.
    Waktu ke toko bukunya padabtahun 2005 lihat ada banyak buku Balada Si Roy. Tidak menyangka kami jadi kenal lebih dekat lewat Facebook dan esai saya ikut tetpilih dalam antologi buku Ode to Roy.

    Benar, Roy itu beda. Saya juga merasakannya dan ikut terpengaruh sehingga bisa menjadi seperti sekarang.
    Terima kasih banget pada Kang Gol A Gong yang sudah menulis kisah hebat sepanjang zaman. Semoga generasi muda sekarang pun menyukainya dan turut terinspirasi.

    BalasHapus
  7. Keren nih ntar jadinya film Balada Si Roy ya, soalnya buku-bukunya aja best seller di zamannya kan... karya Gola Gong penulis fiksi terkenal juga. Ah jadi gak sabar pingin nonton filmnya kl udah tayang. Sukses selalu dan semoga dilancarkan produksi filmnya

    BalasHapus
  8. Majalah Hai dan Balada Si Roy adalah masa remajaku...saat itu SMP-SMA akutuu..ya ampun betapa jadoelnya ya..dan kini akhirnya difilmkan kan kujadi penasaran. Mana diperankan sama bintang-bintang muda berbakat ini...kepo jadinya

    BalasHapus
  9. Keren idn times. Sekarang udah punya IDN Pictures. Dan gak salah kalo yang pertama diangkat adalah balada si Roy. Anak zaman now harus tau nih cerita si Roy agar gak bucin-bucinan terus kayak cerita si boy atau dilan ya.. hihihi

    Salut juga buat Gola gong yang gak pernah putus asa menulis apapun keadaannya. Pertama kenal tulisan beliau memang bukan si Roy. Namun lewat tulisan pendek di majalah Islam remaja milik kakak saya. Suka sekali dengan cerita yang beliau tulis.

    BalasHapus
  10. Ada ya komunitas pencinta balada si Roy? Baru tau.. hebat pengarang karakternya. Semoga filmnya jg se-hits novelnya ya.

    BalasHapus
  11. Jadi inget sama novelnya yangdulu hits banget waktu SMA. Sempet beli juga dulu, terus ilang. Jadi penasaran sama filmnya

    BalasHapus
  12. Kapan lagi nonton film anak bangsa. Semoga film film seperti ini bisa ada lagi ya mbak. Biar kita ga jenuh juga selama di rumah aja

    BalasHapus
  13. Walaupun pencinta novel-novel dan cerbung-cerbung dari majalah ternama di tahun 90an, tapi ndak pernah baca balada si roy.
    entah mengapa. mungkin perlu dibaca ya, seblum lihat film or serialnya ini.

    BalasHapus
  14. Wah bakal nyaingi film dilan sih ini. Tapi nggak apa apa sih berarti pak Sutradara di Indo semakin kreatif mengemas film

    BalasHapus
  15. Sutradaranya yang bikin Yowes Band juga deh ya, Fajar Nugros ini. Walaupun Balada Si Roy ini nggak saya rasakan masa hitsnya karena belum lahir dan masih terlalu kecil, tapi saya juga penasaran banget sama film Balada Si Roy ini.

    BalasHapus
  16. Film anak muda yang related dan bakal jadi kesukaan nih. Apalagi sudah ada komunitasnya. Jadi penasaran pengin ikut nonton.

    BalasHapus
  17. saya belum pernah membaca buku ini tapi saya sering mendengar kisah balada si Roy ini, dulu sepertinya sangat viral ya dizamannya dan sekarang difilmkan

    BalasHapus
  18. Aku punya buku seriesnya dan suka sama film versi pertamanya, semoga remark film ini hasilnya memuaskan ya, jadi enggak sabar pengen nonton anaknya Uje.

    BalasHapus
  19. Setuju menulis bikin tidak jenuh dan kembangkan kreatifitas pastinya.. btw saya juga penggemar film bakada si Roy dulu tapi ehh sejarang ada remarknya jadi nostalgia rasanya heheh

    BalasHapus
  20. Paling suka kalau cerita berlatar 90an diangkat ke layar lebar gini, dan ini proyek dari IDN ya, pastinya bagi pecinta Balada si Roy ini ekspetasinya tinggi nih ke film ini, semoga ga mengecewakan :3

    BalasHapus
  21. Karens aku belum pernah baca ceritanya jadi aku harus nonton nih filmnya kalau udah rilis.

    BalasHapus
  22. Nggak sabar nih nunggu pemutaran film Balada si Roy. Pasti setting 80-90annya dapet banget :)

    BalasHapus
  23. Wah senang ya bisa belajar di TBI kayak gini
    Saya juga sudah lewat bantuan ISB dan teh Ani Berta

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darurat Literasi Digital di Indonesia

Literasi Digital adalah kemampuan dasar mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia yang terhubung dengan dunia maya, - Angrumaoshi - Sumber : www.pixabay.com Pengertian Literasi Digital Pernah dengar Literasi Digital? Jujur, aku pernah mendengarnya namun belum paham 100%. Kalau literasi keuangan/finansial dan literasi baca tulis sudah cukup sering ya mendengarnya. Sebelum membahas lebih lanjut tentang Literasi Digital, aku mau mengutip terlebih dahulu mengenai pengertian dari literasi yang disebutkan di wikipedia. “ Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa. ” Nah ternyata, literasi itu ada banyak jenisnya. Salah satunya adalah literasi digital. Tetapi apa saja sih jenis-jenis literasi itu, berikut jenis litera

Akhirnya, Berani Berwisata Lagi (Air Terjun Klenting Kuning) di Kabupaten Semarang

  Awal Mula Berwisata Kembali Sudah beberapa bulan ini sejak Februari 2020, aku dan keluarga berada di rumah saja. Sudah penat rasanya. Ingin rasanya berjalan-jalan berwisata seperti yang sering kami lakukan saat akhir pekan.  Sekarang sudah masuk bulan September 2020, jadi sudah 6 bulan. Waktu yang terasa sangat lama. Kami benar-benar tidak pergi keluar kota bahkan ke mall pun tidak. Anak-anak pun benar-benar di rumah saja. Sekolah juga hanya via daring.  Ayahnya sebenarnya sudah kerap kali mengajak kami untuk berwisata. Wisata yang pada akhirnya hanya berputar-putar saja keliling kota atau ke kota sebelah namun benar-benar tidak turun dari kendaraan. Fiuh apa asyiknya seperti itu. Semangat kami langsung ciut ketika mendapati penuhnya parkiran tempat-tempat wisata tersebut dan banyaknya orang-orang berlalu lalang tanpa masker.  Tetapi akhirnya hari minggu kemarin 6 September 2020, sang ayah kembali mengajak kami keluar rumah. Aku pun sudah pesimis saja, pasti hanya berputar-putar saja

Selamat Datang Vaksin Virus Corona untuk Indonesia

Andaikan vaksin virus corona telah tersedia jauh-jauh hari, tentunya kita tidak akan pusing dan merasa takut yang berlebihan dengan corona seperti setahun terakhir ini. Untungnya banyak negara dan perusahaan farmasi berlomba-lomba dan giat untuk menciptakan vaksin untuk covid-19.  Sudah banyak nama-nama vaksin covid-19 yang siap beredar disebutkan pada berita seperti   vaksin moderna , vaksin Bio Farma (Persero), vaksin Astra Zeneca-Oxford, vaksin Sinopharm, vaksin Pfizer-BioNTech, dan vaksin Sinovac. Indonesia pun akan menggunakan keenam jenis merk vaksin ini. Bahkan vaksin Sinovac sudah datang masuk ke Indonesia pada tanggal 6 Desember 2020. Tiap-tiap vaksin mempunyai harga yang berbeda-beda. Begitupun dengan efek samping yang menyertainya. Bahkan bagi yang memiliki alergi disarankan juga untuk berhati-hati dalam memilih vaksin yang sesuai untuk tubuhnya.  Sumber gambar : www.pixabay.com Tak terasa sudah hampir setahun covid-19 bersama kita. Dalam hitungan hari pun tahun juga

Hidup di Perantauan (Part 2)

Pada artikel sebelumnya Hidup di Perantauan (Part 1), aku sudah sharing 2 tips ala diriku Angrumaoshi cara bertahan hidup di Perantauan. Masih mau merantau? Sudah siapkah merantau? Berikut aku tulis ulang ya keseluruhan tips supaya teman-teman tidak terlupa. 5 Tips Cara Bertahan Hidup di Perantauan Ala Angrumaoshi. Make a  friend (Perbanyak kenalan). Prepare your savings (Siapkan dana darurat). Know your new place (Kenali daerahmu). Less Goods is Good (Perhatikan efisiensi dan efektifitas barang yang dimiliki). Learn the Language (Belajar bahasa lokal).  3. Know your place (Kenali Daerahmu) Via Google Maps dan Google Earth Di era digital seperti ini, sangat terbantu ya untuk mengenal daerah tujuan rantau kita, bahkan sebelum kita menginjakkan kaki disana. Kita dapat memanfaatkan google maps termasuk juga google earth. Kita dapat melihat-lihat situasi secara real di lokasi daerah rumah tempat kita tinggal di perantauan.  Begitu pula kita dapat melihat fasilitas umum terdekat seperti rum

Tempat Hang Outku di Pringsewu Kota Lama Semarang bersama Blogger Gandjel Rel

Sebenarnya aku sudah tidak asing dengan restoran #pringsewu ini. Pringsewu group ini, restorannya tersebar di sepanjang jalur pantura dan saat ini juga tersebar di sepanjang jalur rest area tol trans jawa. Aku biasa makan di pringsewu rest area atau tegal/pemalang ketika perjalanan semarang-jakarta begitu pula sebaliknya. Namun aku baru mengetahui kalau ada pringsewu juga di kota lama Semarang ini. Pertama kali aku mengetahuinya saat berkunjung ke Sam Pho Kong dan diberikan voucher diskon saat akan meninggalkan lokasi. Aku pun penasaran ingin mencoba. Gayung pun bersambut, tak lama ada undangan dari komunitas keren #GandjelRel yang akan berulang tahun ke4 dirayakan disana. Aku sebagai member baru yang baru join, senang sekali plus dapat menghilangkan rasa penasaranku dengan pringsewu yang di kota lama ini. Aku sebenarnya adalah pendatang di kota lunpia ini dan sudah jatuh cinta dengan kota ini. Kota lama yang apik dengan taman sri gunting untuk foto-foto, di sebelah ge

Angrumaoshi.com, Tempatmu Bercerita Kehidupan

Aku rutin menulis itu, dimulai 3 tahun yang lalu. Bukan menulis laporan atau riset di kala bekerja, namun menulis tentang apa yang ada di pikiranku tentang kehidupan di sekitarku. Tentang pikiran orang-orang memandang kehidupannya. Kutuangkan semua di blog aku, angrumaoshi.com. Tempatmu bercerita kehidupan, disitulah aku menyimak dan menuangkannya ke dalam tulisan penuh makna, -angrumaoshi.com- Hidup di Perantauan   Tahun 2017, aku pindah ke Semarang. Di Semarang ini bisa dibilang aku tidak punya kenalan siapa pun. Aku ikut merantau ke kota lumpia ini bersama suamiku, karena Suamiku dipindahtugaskan di kota ini. Aku pun melepas kehidupanku di Jakarta meninggalkan semua teman-temanku di sana dan bisa dibilang aku memulai hidup baru disini memulai dari nol.  Peran ku pun berubah dari yang sebelumnya seorang working mom suka lembur dan terbang ke sana ke mari menjadi seorang full time stay at home mom dengan dua anak yang masih berusia dibawah 3 tahun. Bisa dibayangkan bagaimana perubahan

Narasi dari Papua, Sebuah Sumbangsih Freeport Indonesia kepada Masyarakat Papua

Siapa yang tak kenal dengan PT. Freeport Indonesia. Hampir semua orang mengetahui tentang perusahaan tambang besar di bumi papua Indonesia ini. PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang terkemuka di dunia yang melalukan eksplorasi, menambang, dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia.  Walau hampir semua orang mengetahui PT Freeport Indonesia, namun belum tentu mengetahui tentang kontribusi Freeport baik kepada masyarakat langsung di sekitar lokasi tambang atau pun kontribusi dalam rangka meminimalisir dampaknya terhadap lingkungan.  Berdasarkan sifatnya, kegiatan pertambangan bagaimanapun akan memberikan dampak terhadap lingkungan. Tapi Freeport Indonesia telah melakukan sesuatu untuk mengurangi dampak tersebut dan memastikan dampak tersebut tidak berlangsung dalam jangka waktu lama. Untuk itu Freeport Indonesia berkomitmen untuk melakukan identifikasi, memahami, mem

The Teacher, Nonton Streaming Film Indonesia di STRO

Hari Jumat tanggal 8 Januari 2020 kemarin, aku menonton film "The Teacher" dengan menggunakan layanan streaming di  STRO.TV - Stream ON! . Kupikir awalnya ini film serius yang bercerita tentang seorang guru.  Namun ketika aku menonton filmnya setelah sebelumnya telah menyimak trailernya, ternyata ini film komedi yang kocak banget.  Cocok ditonton bersama keluarga, walau bagi anak-anak  yang ingin menonton ini tetap harus didampingi oleh orang tua ya, karena film ini merupakan jenis film BO (Bimbingan Orang Tua). Film ini bercerita tentang seorang polisi wanita yang sedang menyamar menjadi seorang guru di suatu sekolah elite guna dapat membongkar jaringan narkoba disana.  Siapa pun di sekolah tersebut patut dicurigai, mulai dari para guru, murid hingga wali murid. Film Teachers dibintangi oleh Yova Gracia (Agnes, seorang polisi wanita yang sedang menyamar menjadi guru) & Estelle Linden (Meg, wali kelas 4A) . Film ini juga didukung oleh para comedian senior sebut saja

Terima Kasih Squad Blogger ODOP

Entah kata apa yang dapat kuucapkan kepada seluruh anggota Squad Blogger ODOP.  Naik turun semangat selama mengikuti kelas ini selalu dapat terpacu dengan adanya teman-teman semua.  Tugas yang nampak mudah namun sulit untuk dikerjakan.  Pentingnya prioritas serta menjunjung tinggi komitmen awal saat ikut ambil bagian menjadi Squad Blogger ODOP selalu kuingat.  Semangat teman-teman member Squad Blogger ODOP benar-benar menular.  Aku awalnya sempat kurang semangat karena merasa tertinggal dengan tingkat literasi digitalku di dunia blog masih jauhlah jika dibandingkan para blogger senior di Squad Blogger ODOP.  Namun ternyata para member Squad Blogger ODOP ini benar-benar baik hati, tidak sombong dan suka menolong serta sabar.  Aku pun menjadi terpacu dan tidak malu bertanya apa pun di kelas ini, termasuk untuk pertanyaan yang sangat mudah sekalipun.  Aku hanya dapat mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas segala sharing ilmu , atas segala jawaban atas pertanyaan-pertanyaanku seputar